BEDA DOT dan KANDUNGAN MINYAK REM

Pahami beda DOT minyak rem

17-10-2016

Share Button

Minyak rem sangat penting untuk membantu menyalurkan tenaga hidraulik pada system pengereman. Penyaluran energy dengan minyak rem, mengalami perubahan panas atau titik didih tinggi. Sehingga minyak rem harus memiliki spesifikasi yang tahan terhadap perubahan suhu dan penahan karat.

Penggolongan minyak rem memakai istilah dari US DOT (US- Departement Of Transportation) untuk menentukan tingkat titik didihnya. Semakin tinggi angka DOT semakin tinggi titik didihnya.

Standar minyak rem ada DOT 3, DOT 4, DOT 5 dan 5.1. DOT 3 dan 4 mengandung Polyglycol ethers yang bersifat menyerap air. Dengan adanya kemampuan menyerap air maka minyak rem bisa memelihara suhu tetap stabil karena titik didihnya berkurang.  Sedangkan DOT 5 tidak dapat menyerap air.

Minyak rem dengan DOT 4 memiliki titik didih 2.300 deraja Celcius (4.460 Fahrenheit). Air akan mendidih pada 1.000 derajat Celcius  (2.120 Fahrenheit). Maka, melalui jalan turunan panjang, rem semakin panas. Walau minyak rem bias menjaga suhunya, komponen rem tetap panas bahkan melampaui titik didih air. Pada saat itu, air akan menguap dari minyak rem dan berubah menjadi uap. Pada kondisi uap memenuhi system pengereman termasuk tekanan atau kompresinya, system pengereman menjadi gagal. Ketika rem diinjak mobil akan tetap meluncur.

Minyak rem DOT 5 berbahan dasar silikon, biasanya digunakan untuk kendaraan besar dan tank. Silikon pada minyak rem ini mampu bekerja pada tekanan relatif  tinggi, karena silicon gak mampu menyerap air.  Dan daya pelumasannya juga kurang baik, sehingga rem kendaraan gampang blong.

Penggantian minyak rem harus dilakukan secara rutin, minimal tiap 50.000 km. Karena semakin lama minyak rem dipakai akan semakin banyak membuang air. Akibatnya akan mudah menimbulkan karat pada caliper dan piston rem.

Teks : Tim MK Kashiyama

Selamat Hari Raya Waisak 2017
vesakday
Segenap Seluruh Karyawan PT Dirgaputra Ekapratama Mengucapkan Selamat Hari Waisa
Brosist Harus Ketahui Kapan Kampas Rem Harus Diganti
MK Kashiyama
Jangan sepelekan kampas rem pada kendaraan Anda. Komponen ini sangatlah vital di
BEDA DOT dan KANDUNGAN MINYAK REM
Pahami beda DOT minyak rem
Minyak rem sangat penting untuk membantu menyalurkan tenaga hidraulik pada syste
REM NGUNCI TETAP TENANG, ASALKAN…
Gejala rem ngunci, bisa dialami siapa saja
Pedal rem setelah diinjak, tapi tidak mau balik atau kembali ke posisi semula? H
NIH SOB, TANDANYA KAMPAS REM MINTA DIGANTI BARU!
Ciri-Ciri Kampas Rem Harus Ganti Baru
Faktor usia pakai memang menjadi pemicu utama kampas rem harus diganti. Untuk pe
HADIR DI OTOBURSA 2016, MK KASHIYAMA MAKIN DIKENAL KONSUMEN
Booth MK Kashiyama dihadiri komunitas
Jakarta, PT Dirgaputra Ekapratama (DEP), sebagai produsen after